Cara Mudah Mencegah Cat Mobil Jadi Kusam

f:id:mobilkeluarga:20161019170259j:plain

Tampilan luar mobil tentu menjadi hal pertama yang tampak saat orang melihat mobil Anda. Pastinya Anda tak ingin mobil Anda tampak kusam dan terkesan kotor bukan? Lalu, apa yang peru Anda lakukan?

Jawabnya yaitu merawat mobil secara rutin. Dengan langkah tersebut cat mobil akan terlihat cerah dan berkilau. Namun bila Anda menghendaki untuk mengubah tampilan, bisa juga Anda mengecat ulang mobil Anda. Untuk itu, informasi tentang tips untuk mengecat mobil mungkin lebih Anda butuhkan dibanding cara merawatnya.

Namun di sini, ada beberapa hal yang perlu disimak agar cat mobil tidak cepat menjadi kusam. Hal-hal tersebut diantaranya :

  • Menghindarkan mobil dari cahaya matahari yang terlalu berlebih. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang bersifat merusak. Maka, usahakan mencari tempat teduh saat memarkir mobil, terutama bila akan diparkir lama. Bila tidak memungkinkan, sarung penutup mobil juga bisa menjadi solusi. Dengan penutup tersebut akan menjadi pelindung dari panas sekaligus air hujan. 
  • Rajin membersihkan mobil. Membersihkan mobil dilakukan untuk menghindarkan debu dan kotoran melekat lama pada permukaan bodi mobil. Lakukan dengan menggunakan lap atau kain berbahan halus dan lembut seperti Chamois atau kanebo. Saat membersihkan bodi mobil dengan kain lap, kain harus dalam kondisi bersih, sebab bila kain kotor justru akan menyebabkan bekas noda dan goresan sehingga warna cat menjadi tidak bersih.
  • Mencuci mobil secara teratur. Pencucian secara teratur bertujuan untuk menghindari melekatnya kotoran yang terlalu lama karena akan berakibat mengurangi kilau cat pada mobil. Mencuci tak perlu sering-sering, kurang lebih seminggu sekali saat musim kemarau, dan lebih sering saat musim penghujan. Pada kenyataannya, air hujan mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil apabila dilewatkan. Maka, sesaat setelah mobil terguyur air hujan, segera siram dengan air bersih lalu keringkan atau lebih baik langsung mencucinya.

Dengan melakukan tiga hal tersebut, cat mobil akan lebih awet dan tidak cepat menjadi kusam. Dan pastinya, tak perlu memikirkan untuk biaya pengecatan ulang karena cat mobil akan selalu tampak seperti baru.