Mengenal Teknik Pengaplikasian Cat Mobil

f:id:mobilkeluarga:20161024004424j:plain



Mengecat mobil bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Perlu keahlian, ketekunan, ketelitian, kesabaran dan segudang persyaratan lain yang dibutuhkan. Namun di tangan ahlinya, pekerjaan ini seolah hanya sepele saja. Yang penting harus menguasai teknik pengaplikasian cat mobil agar hasilnya sempurna.

Tehnik mengecat mobil dapat dibedakan menjadi dua, yaitu mengecat seluruh bodi atau hanya sebagian saja. Untuk mengecat seluruh bodi full, terbagi lagi menjadi 2 pilihan yaitu kelupas total semua cat dan lapisan dempul lama atau dipilih bagian tertentu yang terkelupas. Pilihan tergantung kondisi bodi mobil, apakah sudah parah dan banyak karat di sana-sini, serta biaya dan kesepakatan pihak bengkel dengan konsumen.

Untuk pengaplikasian cat mobil secara full utuh ke seluruh bodi mobil, perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya : tingkat keparahan bodi mobil terutama yang berkaitan dengan adanya karat pada beberapa bagian bodi mobil. Termasuk dengan banyaknya karat atau mobil yang sudah pernah dicat ulang. Demikian pula jika bahan yang digunakan, yaitu antara cat lama dan cat baru berbeda kualitasnya, akan beresiko tumpukan dari bahan yang lama akan kembali terangkat, sehingga lapisan cat yang baru pun akan rusak lagi.

Di sinilah diperlukan kehati-hatian dalam prosesnya, agar tidak terjadi pengelupasan kembali pada lapisan cat yang baru. Untuk itu, langkah mengelupas total harus dilakukan agar lapisan dengan bahan yang lama benar-benar hilang. Cara pengelupasan pun ada beberapa tingkatan, apalagi bila bodi mobil sudah penuh dengan dempul. Maka selain dibuang dengan zat kimia khusus (remover), juga perlu dikerok secara manual. Memang hal ini akan membuat proses pengecatan lebih lama demi hasil yang lebih baik.  

Setelah selesai dikelupas total, pendempulan pun perlu dilakukan untuk memberi lapisan baru yang lebih padat dan rata. Dan untuk pengecatan bodi mobil secara keseluruhan, sebaiknya menggunakan mata spray gun (alat semprot cat mobil) dengan lubang yang melebar dan pengecatan harus dilakukan penuh dari kiri ke kanan, dari depan hingga belakang, bolak-balik jangan sampai terlewat dan hanya dilakukan sebagian saja. Itulah cara mudah mengecat bodi mobil secara keseluruhan yang bisa disimak bersama.