Enam Cara Mudah Merawat Cat Mobil

f:id:mobilkeluarga:20161020161123j:plain

Apa benar mobil baru tak perlu dirawat? Jelas pendapat ini salah besar. Untuk membelinya saja tentu sekian banyak uang yang harus dikeluarkan, maka jika menginginkan mobil tetap terlihat baru, langkah perawatan dan pemeliharaan harus dilakukan.

Untuk melindungi cat mobil agar selalu tampak baru, harus mau meluangkan waktu dan usaha untuk membersihkan mobil secara teratur. Ada banyak macam produk car waxes atau polesan yang tersedia di pasaran. Ada 6 cara mudah untuk merawat cat mobil agar tetap bersinar, yaitu :

1. Membersihkan Mobil
Membersihkan eksterior mobil dilakukan dengan mencucinya. Gunakan shampo mobil, dan lakukan pencucian secara teratur. Bila tidak sempat, setidaknya sempatkan untuk mencucinya di bengkel jasa cuci mobil, sebab mereka memiliki alat dan bahan yang lebih lengkap selain didukung oleh tenaga ahli yang profesional.

2. Gunakan Bahan Poles (Wax) yang Tepat
Setiap jenis cat mobil akan bereaksi berbeda terhadap lilin (wax) dan semir (polish), maka memilih produk tersebut juga harus mengetahui jenis cat mobil Anda. Sebab ada produk yang bersifat abrasif sehingga dapat memudarkan warna asli pada cat mobil.

3. Cat Conditioner
Untuk mobil baru atau yang baru saja dicat ulang sesuai panduan tutorial mengecat mobil termudah, maka pertimbangkan untuk menggunakan kondisioner cat non abrasif sebagai pelindung cat mobil.

4. Lempung
Agar memperoleh finishing yang lebih baik dan bersinar, gunakan lempung berkualitas. Sebelumnyapastikan mobil sudah dibasuh dengan pembersih mobil. Gunakan applicator pad atau handuk lembut yang tepat saat bekerja pada eksterior mobil, agar tidak justru berakibat menggores mobil.

5. Pelindung Anti Karat
Bahan ini penting untuk melindungi mobil dari kerusakan jangka panjang, yaitu dengan semacam mantel khusus serta pemeriksaan karat (rust-proofing).

6. Memperbaiki Goresan
Perbaiki goresan sekecil apapun sesegera mungkin. Bila awalnya tak terlalu dalam, cukup menggunakan sentuhan cat dan menyelesaikan dengan bahan senyawa gosok agar berkilau kembali. Namun jika goresannya cukup dalam, taburkan pula cat di sekitarnya serta mengoles pokoknya sebelum mengecat di area tergores.