Daun Sirsak Terbukti Mampu Menghambat Sel Kanker

Saat ini, daun sirsak menjadi bahan pengobatan herbal yang cukup populer untuk pasien kanker. Namun, pembuktian khasiat daun sirsak secara ilmiah baru saja diungkapkan baru-baru ini.

Adalah Lili Indrawati, seorang doktor ilmu gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang dalam penelitiannya, membuktikan bahwa daun sirsak mampu menghambat perkembangan sel kanker. Penelitiannya kali ini dilakukan pada pasien kanker kolorektal atau usus besar.

 

Sebanyak 30 pasien kanker usus besar dibagi menjadi dua kelompok untuk menjadi responden penelitiannya. Kelompok pertama rutin diberi ekstrak daun sirsak dengan dosis 7 gelas per hari sedangkan sisanya hanya diberi placebo. Tiap-tiap pasien diberikan dosis yang sama.

Hasilnya, “Mereka yang diberi ekstrak daun sirsak dapat menghambat sel kanker mencapai 17 persen,” ujar Lili dalam sidang disertasinya di FKUI, Salemba, Jakarta beberapa saat yang lalu.

Namun, peran daun sirsak untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hanya terjadi pada pasien kanker usus besar yang berada di stadium dini. Untuk stadium lanjut, masih belum memungkinkan karena pasti dibutuhkan dosis yang sangat banyak, yaitu sekitar 210 gelas ekstrak sirsak per harinya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan tidak adanya efek samping yang buruk bagi organ tubuh lain ketika mengkonsumsi ekstrak daun sirsak itu selama dua bulan.

Hal ini membuktikan manfaat daun sirsak untuk kesehatan salah satunya adalah untuk menghambat sel kanker usus besar. Meski demikian, penggunaan bahan daun sirsak ini sifatnya hanyalah sebagai upaya pengobatan tambahan atau pendampingan. Adapun pengobatan secara medis tetap yang utama bagi pasien kanker.

Memang, penelitian ini baru dilakukan sebatas pada pasien kanker usus besar saja. Untuk manfaat daun sirsak bagi kanker jenis yang lainnya, tentu perlu penelitian ilmiah lebih lanjut.

Sumber : kompas.com